Plant Protection Day 2021

Definisi

Plant Protection Day 2021 (PPD) merupakan kegiatan nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Klinik Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran yang bekerjasama dengan Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Kegiatan PPD ini berisikan seminar internasional (webinar) dan perlombaan (berbasis online). Adapun tema yang diambil untuk kegiatan PPD 2021 ini, yaitu “Integrated Crop Protection to Achieve Zero Hunger SDG’s 2030”.

Maksud Dan Tujuan

  1. Meningkatkan peran serta kolaborasi antar akademisi, peneliti, praktisi, dan pengambil kebijakan dalam menentukan strategi perlindungan tanaman yang tepat salah satunya pengaplikasian Hama Terpadu sehingga produk pertanian yang dihasilkan mampu menjaga ketahanan pangan dan lingkungan. 
  2. Meningkatkan kesadaran, wawasan, pengetahuan, dan keterampilan generasi muda Indonesia dalam bidang perlindungan tanaman. 
  3. Mendukung program SDG’s 2030 melalui kegiatan webinar dan perlombaan dengan berkontribusi dalam mengurangi kelaparan, mencapai ketahanan pangan, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Tema Kami

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs berisi 17 Tujuan dan 169 Target yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030. Diantara 17 target tersebut sdg 2 : zero hunger menjadi salah satu perhatian kami, sehubungan dengan bidang kami yang bergerak di sektor pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia.

SDG 2 : Zero Hunger

Menurut laporan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO), jumlah masyarakat kelaparan dunia kembali meningkat dari 777 juta pada tahun 2015 menjadi 815 juta pada tahun 2016. Kelaparan dapat menjadi penghambat dalam pembangunan suatu negara khususnya di Indonesia. Pada poin ini, diperhatikan pula sektor pertanian karena berperan sebagai penyedia bahan pangan bagi masyarakat. Penyediaan input pertanian, pemasaran, dan upaya pelestarian lingkungan diperhatikan agar dapat tercapai pertanian berkelanjutan (Suistanable Agriculcure). Pertanian berkelanjutan atau dikenal juga sebagai sustainable agriculture adalah pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui untuk proses produksi pertanian dengan minimalisasi dampak negatif yang mungkin timbul terhadap lingkungan akibat proses pemanfaatan tersebut.